Trademark Indonesia: Ikuti Alur Kepengurusannya

Merek dagang perusahaan, baik atas nama perusahaan, atau rupa, atau produknya, sangat penting untuk melindungi niat baik yang dihasilkan melalui investasi pada orang dan modal. Ini penting bagi mereknya, karena membantu mengidentifikasi dan melindungi integritas merek, dan memastikan bahwa perusahaan membedakan dirinya dari pesaingnya. Merek dagang juga dengan mudah memberi tahu konsumen bahwa barang atau jasa memiliki kualitas atau standar tertentu. Niat baik yang berasal dari merek dagang yang kuat dapat meningkatkan bisnis dengan memberikan kesan Trademark Indonesia positif kepada konsumen tentang produk dan berbisnis dengan perusahaan itu sendiri.

Hak merek dagang muncul dari penggunaan sebenarnya atas nama, logo, atau simbol di pasar. Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan perusahaan untuk melindungi portofolio merek dagangnya, yaitu merek dagang terdaftar, merek layanan, merek dagang tidak terdaftar, nama domain, dan hak cipta terkait.

Saran pertama adalah mengembangkan strategi untuk menentukan merek mana yang penting, dan bagaimana, di mana dan kapan hak merek dagang harus ditegaskan. Tindakan ini termasuk menentukan yurisdiksi hukum mana yang penting dari perspektif bisnis dan pemasaran. Setelah pengacara merek dagang telah melakukan pencarian merek dagang yang diperlukan dan membersihkan merek yang diusulkan, disarankan untuk segera mengajukan pendaftaran merek dagang federal. Waktu pendaftaran aplikasi juga penting karena biasanya yang pertama mengajukan permohonan untuk diprioritaskan daripada pengajuan berikutnya sehubungan dengan tanda yang identik atau serupa. Setelah merek yang diusulkan terdaftar, penting untuk mencatat tanggal pendaftaran dan tanggal pembaruan untuk memastikan perlindungan merek yang berkelanjutan.

Tindakan lain terkait dengan penggunaan merek dagang. Dalam mengelola portofolio merek dagang, penting untuk memastikan bahwa hak tidak hilang karena merek tidak digunakan. Bergantung pada yurisdiksi yang relevan, hak kepemilikan atas suatu merek dapat hilang jika merek tersebut tidak digunakan untuk jangka waktu tiga hingga lima tahun. Penting untuk menerapkan program berdasarkan nasihat pengacara yang kompeten untuk memastikan penggunaan yang berkelanjutan, atau setidaknya penggunaan merek musiman atau bergilir untuk mencegah pembatalan atau pencabutan. Juga disarankan untuk memastikan penggunaan merek yang benar karena mereka dapat kehilangan kekhasan dan nilainya jika terkikis.

Strategi yang disarankan untuk memaksimalkan nilai portofolio merek dagang adalah dengan waspada dan mengambil tindakan cepat untuk mencegah pelanggaran atau menanganinya sesuai ketika terdeteksi. Pemilik portofolio merek dagang harus siap mengambil tindakan untuk melindungi hak dengan menggunakan strategi defensif dan ofensif. Strategi defensif, termasuk menandai produk dengan simbol TM, SM dan ® dapat membantu mengurangi biaya hukum dan menetapkan kerugian hukum melalui peringatan yang adil kepada calon pelanggar. Taktik defensif juga mencakup melakukan pengawasan yang konsisten terhadap pasar dan aktivitas pesaing, dan mendidik konsumen tentang cara mengidentifikasi produk asli serta memperingatkan mereka tentang produk yang melanggar.

Banyak strategi ofensif juga disarankan. Misalnya, perusahaan dapat mengajukan banding atau menentang pendaftaran merek yang identik atau mirip dengan mereknya sendiri. Juga disarankan untuk mengeluarkan surat berhenti dan berhenti, atau menerbitkan peringatan ketika pelanggaran terdeteksi.

Dalam mengambil tindakan ini, disarankan untuk mencari konsultasi hukum terbaik terkait pengelolaan portofolio merek dagang itu sendiri, serta menentukan contoh dan sifat potensi pelanggaran. Penasihat merek dagang terkemuka juga merupakan pendukung efektif yang dapat memberikan nasihat dan nasihat tentang cara menangani pelanggaran, melalui resolusi yang bersahabat atau tindakan penegakan hukum jika perlu.

Oleh karena itu, memilih firma hukum terbaik yang memenuhi syarat untuk memberikan nasihat hukum yang baik tentang merek dagang dan masalah hak cipta merupakan masalah penting untuk setiap usaha bisnis. Nasihat yang baik dapat berarti merek yang kuat di pasar yang berfungsi untuk melindungi investasi modal dan mencegah pelanggaran oleh pesaing. Alternatifnya adalah erosi niat baik dengan pelanggan, dan pelanggaran mudah. Yang terakhir mungkin berarti kehilangan banyak uang dalam hal manusia dan finansial.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *