Mendesain Dapur yang Mudah Diakses

Merancang rumah yang mudah diakses berarti membuat perubahan pintu yang lebih lebar, pegangan tuas, lantai tahan slip, dll. dan dapur membutuhkan banyak pertimbangan lain. Ini adalah zona kerja yang melayani banyak tujuan, digunakan oleh banyak orang, dan membentuk jantung rumah, jadi harus disiapkan untuk memberikan pengalaman yang baik bagi semua orang. Apakah Anda ingin menggunakan desain universal yang lengkap atau hanya mencari ide untuk menjawab tantangan unik Anda sendiri untuk tetap mandiri, berikut adalah beberapa cara untuk membangun dapur yang lebih mudah diakses.

Hancurkan Hambatan

Sebuah penghalang muncul dengan sendirinya dalam berbagai bentuk; itu bisa menjadi hambatan fisik atau spasial di alam, dan itulah sebabnya renovasi desain universal penuh terjadi dari bawah ke atas. Pedoman aksesibilitas standar dibuat untuk bekerja untuk orang-orang dalam posisi duduk dan dengan jangkauan dan kekuatan tangan yang terbatas, tetapi Anda dapat menyesuaikan dapur Anda dengan kebutuhan Anda dengan bantuan arsitek atau kontraktor. Jika Anda sudah mengalami masalah, kemungkinan Anda memiliki beberapa gagasan tentang perubahan yang akan membuat hidup Anda lebih mudah, tetapi jika Anda hanya merencanakan masa depan, ini adalah area yang paling sering ditangani:

Countertops – Direkomendasikan untuk menurunkan dua inci untuk penggunaan duduk. Orang yang sangat tinggi mungkin lebih suka mengangkatnya untuk mencegah ketegangan saat membungkuk saat berdiri. Beberapa desainer dan keluarga memilih untuk memiliki counter dari berbagai ketinggian untuk memenuhi kebutuhan individu.
Kabinet dasar – Tidak ada di bawah meja utama (seperti di bawah kompor tanam) untuk memberikan ruang kaki saat bekerja di kursi roda. Ruang di bawah wastafel juga harus terbuka, dan pipa pembuangan harus menghadap ke belakang. Pipa harus diisolasi untuk mencegah luka bakar.
Lemari dinding – Turun lebih rendah agar lebih mudah dijangkau. Mereka yang memiliki anggaran besar dapat memilih kabinet yang dapat disesuaikan bertenaga yang naik dan turun di dinding sesuai kebutuhan.

Tujuannya adalah untuk menciptakan dapur di mana dasar-dasarnya tidak diterima begitu saja. Semua orang harus bisa melakukan persiapan makan, memasak, dan mencuci. Meskipun ini adalah modifikasi struktural khas untuk dapur yang mudah diakses, kemampuan individu harus diperhitungkan bila memungkinkan untuk menemukan solusi yang paling nyaman.

Kenyamanan Lengkap

Setelah masalah utama telah diatasi, saatnya untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan. Area ini biasanya yang paling sulit, karena lemari dan laci bisa terlalu dalam untuk dijangkau oleh orang yang menggunakan kursi roda. Ruang seringkali juga terbatas, karena sebagian harus dipindahkan untuk ruang kaki dan rak yang lebih tinggi sering tidak ada atau tidak berguna secara fungsional. Itu berarti berkreasi dengan ruang yang ada untuk memastikan dapur masih terisi penuh dengan semua panci dan wajan, peralatan makan, dan barang-barang penyimpanan kering yang dibutuhkan rumah tangga.

Pertimbangkan laci multi-lapis, atau laci-dalam-laci, yang memastikan bahwa semuanya memiliki tempat dan tidak dapat berpindah ke posisi di mana Anda harus menggalinya. Laci kabinet roll-out ideal untuk panci, sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses dan menggunakan semua kedalaman kabinet. Ketika segala sesuatunya menjadi lebih kecil, semakin sulit untuk mengaturnya dan menggunakan semua ruang Anda sepenuhnya, jadi lihatlah dapur tarik untuk barang-barang kotak dan kalengan. Dengan lebih banyak rak yang lebarnya sempit, dimungkinkan untuk mengisi volume lemari Anda secara efisien dan mengambil apa pun yang Anda inginkan. Membawa barang-barang yang disimpan kepada Anda lebih baik daripada meraihnya, dan sejumlah produsen membuatnya cukup sederhana untuk melengkapi dapur dengan cara ini.

Memasang Peralatan yang Tepat

Memilih dan menempatkan peralatan untuk melengkapi dapur yang mudah diakses juga berarti menghilangkan penghalang dan meningkatkan kenyamanan. Peralatan yang dapat diakses memiliki karakteristik tertentu yang sama, tetapi mereka tidak secara terbuka mengiklankan diri mereka sendiri dengan desain mereka dan dapat masuk ke rumah mana pun. Inilah yang harus dicari ketika Anda pergi berbelanja untuk peralatan ini dan ketika Anda merencanakan tata letak dapur Anda:

Kompor – Sebaiknya dipisahkan dari oven agar lebih mudah digunakan, sehingga ruang di bawahnya dapat terbuka untuk ruang kaki. Kontrol depan mencegah harus menjangkau lebih dari pembakar panas, dan pembakar terhuyung-huyung juga meminimalkan risiko cedera.
Oven – Oven dinding direkomendasikan karena dapat ditempatkan pada ketinggian khusus. Model berengsel samping ideal untuk pengguna kursi roda.
Kulkas – Model dengan freezer laci bawah paling mudah diakses secara keseluruhan, tetapi model berdampingan juga populer. Kontrol harus cukup rendah untuk dicapai dari posisi duduk dan mudah digunakan.
Microwave – Harus berada pada atau di bawah ketinggian counter.
Pencuci piring – Satu-satunya alat yang harus dinaikkan dari ketinggian pemasangan standar untuk orang yang duduk, dan harus memiliki ruang yang cukup di kedua sisinya. Rak harus bergerak dengan lancar dengan sedikit tekanan.

Peralatan yang sesuai dengan ADA bersertifikat harus memenuhi kriteria yang lebih spesifik daripada deskripsi yang disederhanakan ini, tetapi ada banyak di luar sana, dan yang harus Anda lakukan hanyalah melihat dan/atau bertanya! Semua produk yang digambarkan di sini telah mendapatkan sebutan khusus ini, dan mereka pasti tidak kekurangan apa pun yang diinginkan dan diharapkan oleh orang-orang berbadan sehat dan rata-rata di dapur mereka juga. Pastikan untuk membuat keinginan Anda diketahui saat Anda berbelanja sehingga Anda dapat membuat pengaturan yang sempurna, dan pastikan semuanya dipasang dengan standar terbaik.

Jika Anda ingin menyewa kontraktor profesional untuk mendesain rumah Anda sebaiknya Anda menghubungi jasa desain rumah yang bekerja profesional dan memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *