Qualcomm Melihat Dirinya Menggerakkan ‘Laptop Zoom’

Berita teknologi terbaru Qualcomm telah mengumumkan chipset laptop Windows generasi kelima, dan Snapdragon 8cx Gen 3 dan 7c+ keduanya secara signifikan meningkatkan kinerja dibandingkan versi sebelumnya. Tetapi peluang potensial terbesar bagi Qualcomm bukanlah bagaimana chip telah berubah. Ini tentang bagaimana dunia telah berubah.

Dunia kerja dari mana saja di mana orang melakukan pekerjaan mereka dari rumah, ruang kerja bersama, atau taman membuka ruang untuk laptop tipis yang dapat dikelola dengan daya tahan baterai yang hebat dan kamera yang luar biasa, kata CEO Qualcomm Cristiano Amon di Snapdragon Summit perusahaan. “Jika Anda harus menggunakan stasiun kerja untuk melakukan pekerjaan, dan Anda akan bekerja di kantor beberapa hari dan akan bekerja di rumah Anda selama beberapa hari, Anda tidak dapat memindahkan stasiun kerja,” katanya.

Jadi, idenya adalah bahwa komputer kerja-dari-rumah sekarang adalah sesuatu yang memungkinkan Anda masuk ke sistem perusahaan dari jarak jauh, berpotensi diamankan oleh bisnis Anda, dengan kemampuan audio dan video kelas atas untuk konferensi video berkualitas tinggi.

“Aplikasi nomor satu di komputer yang kami pikirkan tentang masa depan pekerjaan adalah komunikasi,” kata Amon.

Dan itu membuka opsi untuk drive Qualcomm menuju laptop 5G juga. Laptop terhubung Qualcomm telah sepenuhnya gagal di pasar konsumen, setidaknya di AS, karena operator nirkabel gagal menawarkan paket layanan yang menurut orang menarik.

Jadi Qualcomm beralih ke bisnis, yang mungkin memiliki kontrak multi-perangkat besar, mungkin menemukan bahwa 4G dan 5G lebih dapat diandalkan di rumah pekerja daripada Wi-Fi rumah yang goyah, dan mungkin ingin dapat mengontrol laptop perusahaan mereka dari jarak jauh. “Platform 8cx Gen 3 memberikan visibilitas paling kuat untuk manajemen perangkat,” kata Miguel Nunes, direktur senior manajemen produk di Qualcomm.

Memperbesar Melalui Zoom

8cx memiliki kinerja CPU 85% lebih baik dan kinerja GPU 60% lebih baik daripada 8cx Gen 2 sebelumnya, kata Nunes, dengan tata letak delapan inti yang mengandalkan empat inti utama ARM Cortex-X1 5nm yang berjalan pada 3GHz. Empat inti yang lebih kecil adalah Cortex-A78.

Namun, desain itu lebih tua dari Snapdragon 8 Gen 1 baru untuk ponsel, yang menggunakan inti utama Cortex-X2 4nm. “Mereka adalah Cortex-X1, tetapi mereka disetel untuk beban kerja komputasi,” kata Nunes. “Tingkat kinerja yang sangat berbeda [daripada di chipset ponsel.]”

Nunes menorehkan penggunaan inti prosesor yang lebih lama ke siklus desain PC yang lebih lama daripada siklus desain ponsel. Itu menciptakan ketegangan yang menarik. Qualcomm mungkin sangat baik melompati ARM Cortex-X2 untuk menggunakan core kustomnya sendiri dari Nuvia ketika sampel chipset berbasis Nuvia pada akhir 2022. “Itu kemungkinan,” goda Nunes.

Qualcomm berbicara lebih sedikit tentang midrange 7c+, kecuali untuk mengatakan bahwa ia memiliki kinerja CPU 60% lebih cepat dan kinerja GPU 70% lebih cepat daripada 7c sebelumnya. Kedua chip memiliki kemampuan 5G dan Wi-Fi yang ditingkatkan, termasuk Wi-Fi 6E.

Kamera relevan di dunia baru; chipset mendukung hingga empat di antaranya, dengan resolusi hingga 24 megapiksel.

8cx memiliki pembatalan gema dan peredam bising yang disempurnakan AI pada mikrofonnya, seperti yang kita lihat kemarin dengan Snapdragon 8 Gen 1, yang membungkam kebisingan dari hewan peliharaan dan bayi di latar belakang panggilan WFH Anda. Unit AI juga melakukan deteksi wajah di perangkat dan terjemahan audio untuk panggilan konferensi di seluruh tim yang menggunakan banyak bahasa, kata Nunes.

Tapi Akankah Mereka Menjual?

Laptop bertenaga Qualcomm telah mengintai di sekitar tepi pasar selama bertahun-tahun, tetapi belum terjual dengan baik. Operator nirkabel belum memasarkan atau mendukung laptop 4G/5G secara konsisten, dan ulasan kami telah memposisikannya sebagai laptop yang kurang bertenaga dan terlalu mahal.

VP of Product Engineering T-Mobile, Ryan Sullivan, mengatakan operatornya akan lebih agresif pada laptop yang terhubung 5G selama tahun depan.

“Kami tidak hanya berinvestasi untuk memasukkan ini ke saluran ritel kami, tetapi kami bekerja dengan produsen PC di luar sana untuk menghilangkan laptop Wi-Fi pada akhirnya,” katanya. “Mari kita pastikan bahwa file [rencana layanan] kita sudah ada dan tersedia untuk pelanggan dapat menambahkannya atau, lebih baik lagi, memastikan itu ada di perangkat, memberi tahu pelanggan, dan memberi mereka tawaran layanan yang mematikan.”

Lenovo, misalnya, mengatakan sangat berkomitmen pada platform Qualcomm. “Saya tidak sabar untuk melihat [chip Qualcomm] berjalan di perangkat Lenovo dan Motorola,” kata CEO Lenovo Yang Yuanqing melalui video di acara tersebut.

Kami mengkritik Flex 5G berbasis 8cx Lenovo karena memiliki “label harga yang tidak masuk akal” dalam ulasan kami. Nunes mengatakan laptop berbasis chipset 8cx Gen 3 bisa lebih murah dari model sebelumnya. “Anda akan melihat lebih banyak variasi titik harga di platform kami … dan saya pikir Anda akan melihat perangkat dengan harga bersaing.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *