Bagaimana Penulis Dapat Menggunakan Webinar untuk Menjual Lebih Banyak Buku

Jika Anda seorang ahli yang telah menulis buku tentang bidang keahlian Anda – atau Anda sedang dalam proses menulisnya – saya yakin Anda sudah tahu bahwa tidak cukup hanya menerbitkan buku dan menunggu uang datang. Anda perlu melakukan lebih banyak lagi – lebih banyak lagi – untuk mempromosikannya (jika Anda menginginkan lebih banyak penjualan) dan Anda (jika Anda menggunakan buku ini untuk memposisikan diri sebagai ahli).

Webinar dapat menjadi alat yang ampuh untuk membantu Anda sebagai penulis. Berikut adalah tiga cara Anda dapat menggunakannya untuk membantu Anda sebagai penulis.

1. Riset Pasar

Pembaca Anda mencari Anda untuk membantu mereka dengan satu atau lebih dari empat hal ini:

  • Memecahkan masalah mereka
  • Jawab pertanyaan mereka
  • Temui tantangan mereka
  • Mencapai tujuan mereka

Semakin banyak buku Anda melakukan hal-hal ini, semakin sukses buku itu. Sayangnya, terkadang sulit untuk kunci jawaban tematik mengetahui dengan tepat apa yang diinginkan pembaca.

Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan webinar Tanya Jawab gratis. Anda mengundang semua orang di jaringan Anda (dan meminta mereka untuk meneruskannya ke jaringan mereka juga), datang pada hari itu dan cukup luangkan waktu satu jam untuk menjawab pertanyaan yang diajukan orang. Jangan mempromosikan apa pun; jawab saja pertanyaan mereka. Anda memberikan layanan yang sangat berharga, dan sebagai imbalannya Anda menemukan dengan tepat apa yang ingin diketahui pasar Anda.

Saya telah melihat orang melakukan ini tanpa struktur lebih dari yang baru saja saya jelaskan. Namun Anda dapat menambahkan beberapa fitur tambahan – sekaligus mempermudah Anda – dengan beberapa cara:

  • Undang peserta untuk mengirim email kepada Anda pertanyaan mereka sebelumnya, sehingga Anda punya waktu untuk mempersiapkan jawaban Anda.
  • Jika Anda sudah memiliki beberapa struktur untuk buku Anda (misalnya, Anda tahu itu ada dalam empat bagian utama), susun pertanyaan dalam struktur luas yang sama ini.
  • Rekam webinar, dan buat rekamannya ditranskripsi – ini bahkan mungkin memberikan beberapa materi baru untuk buku Anda.

2. Bonus Webinar untuk Pelanggan

Untuk mendorong orang agar membeli buku Anda segera setelah diluncurkan, tawarkan webinar bonus bagi pelanggan yang membelinya pada tanggal tertentu.

Dalam webinar ini, Anda cukup menyampaikan presentasi yang menguraikan konsep utama buku, menjawab pertanyaan pembaca, dan bahkan mungkin menawarkan beberapa materi bonus. Jangan khawatir untuk mengulangi beberapa dari apa yang ada di buku, karena peserta akan menghargai mempelajari informasi dengan cara yang berbeda.

Tentu saja, webinar hanyalah salah satu dari banyak cara Anda dapat mendorong penjualan “early bird”, tetapi memiliki sejumlah keuntungan:

  • Webinar memiliki tanggal terlampir, jadi ini menciptakan tenggat waktu yang alami.
  • Anda dapat melayani semua pembaca ini pada saat yang sama, jadi Anda tidak perlu membatasi penawaran untuk sejumlah pembaca tertentu (sebagai lawan, katakanlah, menawarkan konsultasi gratis selama 15 menit kepada mereka).
  • Rekaman dapat menjadi produk tersendiri, yang dapat Anda jual secara individu atau sebagai bagian dari bundel dengan buku.

3. Seri Webinar

Salah satu kelemahan buku adalah buku itu hanya memberi Anda satu titik kontak dengan pelanggan Anda. Kebanyakan orang tidak akan membaca buku lebih dari sekali, dan sangat sedikit dari mereka bahkan akan membacanya secara penuh bahkan sekali!

Anda dapat mengatasinya dengan menawarkan seri webinar yang sedang berlangsung tentang konten buku, baik hanya kepada pelanggan (sebagai bonus) atau kepada siapa pun (sebagai peluang promosi).

Tujuan dari seri webinar Anda tidak hanya untuk mempromosikan penjualan buku – meskipun hal itu akan tetap dilakukan. Ini juga untuk terus memposisikan diri Anda sebagai seorang ahli, dan untuk tetap berada di depan pikiran pasar sasaran Anda, sehingga ketika mereka siap untuk membeli apa yang Anda jual, Anda akan menjadi pilihan pertama mereka.

Sekali lagi, webinar bukan satu-satunya pilihan yang tersedia untuk Anda. Tetapi jika Anda bersedia membuat komitmen, mereka bisa menjadi pilihan yang sangat kuat, karena peserta Anda bisa terlibat langsung dengan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *