MERAWAT BURUNG PELIHARAAN ANDA

Healthy Pet Bird | Best Friends Animal SocietyMembawa burung ke rumah Anda seharusnya menjadi pengalaman yang membahagiakan dan bermanfaat. Burung yang dirawat dengan baik akan menghibur Anda selama bertahun-tahun dengan banyak burung yang hidup antara 10-80 tahun.

Memiliki burung sebagai bagian dari keluarga Anda adalah tanggung jawab yang besar, karena mereka sangat bergantung pada Anda untuk makanan, air, tempat tinggal dan kesehatan yang baik. Burung dengan pola makan yang buruk dan dalam lingkungan yang tidak menstimulasi dapat mengurangi umurnya.

Makanan

Pola makan yang seimbang adalah bagian terpenting dari kehidupan burung yang sehat. Masalah umum yang dilihat oleh dokter hewan termasuk obesitas, pengikatan telur, dan kekurangan vitamin A.
Banyak burung yang diberi makan biji sebagai satu-satunya makanan mereka: burung menyukai ini karena menarik untuk dibuka dan seringkali tinggi lemak, oleh karena itu enak. Tetapi benih kemasan kering rendah vitamin (terutama A), beberapa campuran benih mengandung vitamin dan mineral tambahan, namun dalam beberapa situasi burung hanya makan di sekitar “bola vitamin” ini. Untuk meningkatkan performa , optimaxx vitamin burung dapat diberikan kepada jagoan anda . Banyak burung juga memilih hanya satu atau dua jenis benih dari keseluruhan campuran dan tidak akan memakan makanan atau benih lain. Yang paling sering dipilih adalah biji bunga matahari atau gandum (anggaplah biji ini sebagai cokelat). Untuk memberikan diet seimbang, banyak makanan lain yang perlu ditawarkan setiap hari. Sayuran, terutama sayuran hijau, sangatlah penting. Contoh sayuran hijau yang baik termasuk bayam, bit perak, endives, peterseli, dan seledri. Rerumputan segar, milk thistle, dandelion, dan buah-buahan segar juga bagus.

Lingkungan Hidup

Banyak burung menikmati mandi atau pancuran dan bahkan menikmati mandi bersama pemiliknya. Hindari menggunakan sabun saat burung Anda bersama Anda. Cara lainnya, semprotkan sedikit dengan botol semprotan atau selang pada semprotan kabut halus. Tempat mandi burung dapat disediakan, tetapi yang terbaik adalah tidak membiarkannya di dalam kandang setiap saat, karena burung air dapat dengan cepat menjadi kotor.
Burung juga membutuhkan spektrum cahaya penuh. Sinar matahari melalui jendela tertutup tidak cukup karena vitamin D diserap dari sinar matahari alami. Burung juga harus tidur setidaknya 10-12 jam dalam kegelapan total setiap malam. Jika burung dipelihara di ruangan yang digunakan pada malam hari, maka diperlukan penutup pemadaman listrik. Untuk banyak spesies burung, periode kegelapan dapat bervariasi sepanjang tahun untuk meniru musim alami.

Sebuah kata untuk perokok / perokok tembakau

Merokok sangat berbahaya bagi burung. Paru-paru mereka, dikombinasikan dengan kantung udara, merupakan sistem pernapasan yang sangat efisien, kulit juga dapat menjadi iritasi karena asap dan ini dianggap sebagai salah satu penyebab mutilasi diri. Banyak perokok berasumsi bahwa jika mereka merokok di seberang ruangan, burung itu akan aman, tetapi ini tidak benar. Perokok disarankan untuk merokok di suatu tempat di luar atau di ruangan terpisah yang berventilasi baik.
Masalah lain yang bisa muncul dari merokok adalah noda nikotin di jari tangan pemiliknya. Kaki burung yang duduk di bagian tangan ini sering mengalami dermatitis pada kakinya. Akhirnya, nikotin pada rokok sangat beracun jika tertelan. Pemilik harus menjauhkan rokok dari burung dan membuang puntungnya dengan bijaksana.

Kandang

Kandang adalah rumah untuk melindungi burung, bukan kandang untuk mengurung mereka. Burung peliharaan membutuhkan perlindungan saat pemiliknya jauh, dari predator lain dan dari racun serta bahaya lain yang mungkin ada di atau di sekitar rumah.
Kandang harus berbentuk persegi panjang, sebaiknya setidaknya cukup dalam untuk 2 burung untuk melebarkan sayapnya sepenuhnya. Burung bukanlah helikopter, jadi kandang yang tinggi tidak sesuai. Burung harus menghabiskan waktu maksimal dengan pengawasan di luar kandangnya untuk mendapatkan olahraga yang sehat. Tanpa ini, burung menjadi kelebihan berat badan dan depresi. Jika Anda khawatir akan menangkap burung Anda atau jika enggan, cukup redupkan lampu dan burung itu akan lebih mudah ditangkap.

Bertengger

Tempat bertengger yang buruk biasanya menyebabkan luka di kaki burung. Dulu ampelas dianjurkan untuk memperpendek kuku, nyatanya yang berhasil dilakukan hanyalah menyebabkan kaki pegal. Tempat bertengger harus terbuat dari cabang kayu alami dengan berbagai ukuran dan bukan doweling atau plastik.

Mangkuk makanan dan air

Mangkuk makanan dan air harus ditempatkan di dalam kandang di mana burung tidak akan buang air besar di dalamnya. Jika burung Anda terkena parasit atau infeksi bakteri apa pun, hal itu tidak akan membaik jika burung Anda secara konsisten makan dan minum kotorannya sendiri. Sebaiknya jangan letakkan bahan apa pun di atas tanah yang mendorong burung Anda untuk makan dari lantai. (misal: amplas, pasir atau makanan). Alih-alih gunakan panggangan untuk memungkinkan kotoran jatuh atau kertas biasa. Hindari juga menggunakan mainan logam atau pengikat kantong berlapis plastik di dalam sangkar karena dapat menyebabkan keracunan logam berat.

Keracunan logam berat

Keracunan logam berat adalah masalah umum yang terlihat di klinik hewan. Banyak burung terpapar logam berat di kandang atau lingkungannya. Timbal, seng, dan tembaga adalah logam yang paling umum terlibat. Mereka ditemukan dalam kawat galvanis, cat, kawat tembaga, ikatan logam, mainan logam berkarat dan bagian belakang cermin dll.
Kandang dan kandang burung harus terbuat dari baja tahan karat, dipanggang bubuk atau kawat berlapis polimer BHP baru. Gosok kawat galvanis dengan cuka dan sikat kawat, kemudian bilas cuka dan ulangi, ini akan membantu meminimalkan toksisitas seng tetapi tidak akan menghilangkannya. Melapukan kawat (membiarkannya di luar) tidak akan mendetoksifikasi logam juga.

Mate atau teman akrab

Sebagian besar burung beo hidup dalam kawanan besar. Mereka tidak hidup dalam kandang kecil. Burung, tidak seperti anjing dan kucing, terikat dengan satu burung atau manusia lain sebagai pasangan. Burung yang selalu bersuara, berbicara dan bernyanyi ternyata menuntut perhatian yang sangat didambakannya. Jarang sekali burung bisa bahagia sendiri. Banyak penyakit burung dan berbagai gejala pada burung terkait dengan stres, frustrasi, dan burung beo yang bosan. Televisi dan radio adalah kenyamanan sesekali, tetapi mereka bukan pengganti jangka panjang untuk perusahaan.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang merawat burung peliharaan Anda, jangan ragu untuk menghubungi tim perawatan kesehatan hewan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *