Apa itu Perencanaan Bisnis?

Mengapa Perencanaan Bisnis Bukan Hanya untuk Startup

Perencanaan bisnis terjadi ketika pemangku kepentingan utama dalam bisnis duduk dan menyempurnakan semua tujuan, strategi, dan tindakan yang mereka bayangkan akan diambil untuk memastikan kelangsungan hidup, kemakmuran, dan pertumbuhan bisnis.

Berikut adalah beberapa strategi untuk perencanaan bisnis dan cara-caranya dapat menguntungkan bisnis Anda.

Apa itu Perencanaan Bisnis?

Perencanaan bisnis dapat dimainkan dengan berbagai cara. Setiap kali manajemen atas berkumpul untuk merencanakan keberhasilan bisnis, itu adalah bentuk perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis biasanya melibatkan pengumpulan ide dalam rencana bisnis formal yang menguraikan ringkasan keadaan bisnis saat ini, serta keadaan pasar yang lebih luas, bersama dengan langkah-langkah terperinci yang akan diambil bisnis untuk meningkatkan kinerja di masa mendatang.

Rencana bisnis bukan hanya tentang uang. Rencana bisnis menguraikan perencanaan umum yang diperlukan untuk memulai dan menjalankan bisnis yang sukses, dan itu termasuk keuntungan, tetapi juga lebih dari itu. Sebuah rencana harus memperhitungkan segala sesuatu mulai dari melingkupi persaingan dan mencari tahu bagaimana bisnis baru Anda akan cocok dengan industri hingga menilai moral karyawan dan merencanakan bagaimana mempertahankan bakat.

Bagaimana Perencanaan Bisnis Bekerja?

Setiap bisnis baru membutuhkan rencana bisnis cetak biru tentang bagaimana Anda akan mengembangkan bisnis baru Anda, didukung oleh penelitian, yang menunjukkan bagaimana ide bisnis itu layak. Jika ide bisnis baru Anda membutuhkan modal investasi, Anda akan memiliki peluang lebih baik untuk memperoleh pembiayaan utang atau ekuitas dari lembaga keuangan, investor malaikat, atau pemodal ventura jika Anda memiliki rencana bisnis yang solid untuk mendukung ide Anda.

Bisnis harus menyiapkan rencana bisnis, bahkan jika mereka tidak perlu menarik investor atau mengamankan pinjaman.

Perencanaan Bisnis Pasca Startup

Rencana bisnis bukanlah latihan perencanaan set-it-and-forget-it. Ini harus menjadi dokumen hidup yang diperbarui sepanjang siklus hidup bisnis Anda.

Setelah bisnis secara resmi dimulai, perencanaan bisnis akan beralih ke penetapan dan pencapaian tujuan dan target. Perencanaan bisnis paling efektif bila dilakukan dengan jadwal yang konsisten yang meninjau kembali tujuan dan proyek yang ada sepanjang tahun, bahkan mungkin setiap bulan. Selain meninjau tujuan jangka pendek sepanjang tahun, penting juga untuk menetapkan visi yang jelas dan meletakkan jalan menuju kesuksesan jangka panjang Anda.

Perencanaan bisnis harian adalah cara yang sangat efektif bagi individu untuk fokus pada pencapaian tujuan mereka sendiri dan tujuan organisasi.

Peramalan Penjualan

Perkiraan penjualan adalah bagian penting dari rencana bisnis yang perlu terus dilacak dan diperbarui. Perkiraan penjualan adalah perkiraan penjualan barang dan jasa yang kemungkinan akan dicapai bisnis Anda selama periode perkiraan, bersama dengan perkiraan keuntungan dari penjualan tersebut. Prakiraan harus memperhitungkan tren di industri Anda, ekonomi umum, dan proyeksi kebutuhan pelanggan utama Anda.

Analisis Arus Kas

Komponen penting lainnya dari perencanaan bisnis adalah analisis arus kas. Menghindari kekurangan arus kas yang berkepanjangan sangat penting untuk bisnis, dan banyak kegagalan bisnis dapat disalahkan pada masalah arus kas.

Bisnis Anda mungkin memiliki pesanan besar yang menguntungkan, tetapi jika tidak dapat ditagih sampai pekerjaan selesai, Anda mungkin mengalami masalah arus kas. Skenario itu bisa menjadi lebih buruk jika Anda harus mempekerjakan staf, membeli inventaris, dan melakukan pengeluaran lain sementara itu untuk menyelesaikan proyek.

Melakukan proyeksi arus kas secara teratur merupakan bagian penting dari perencanaan bisnis. Jika dikelola dengan baik, kekurangan arus kas dapat ditutupi dengan pembiayaan tambahan atau investasi ekuitas.

Perencanaan Kontinjensi Bisnis

Selain perencanaan bisnis untuk keuntungan dan pertumbuhan, bisnis Anda harus memiliki rencana darurat. Perencanaan bisnis kontinjensi (juga dikenal sebagai perencanaan kesinambungan bisnis atau perencanaan bencana) adalah jenis perencanaan bisnis yang berhubungan dengan krisis dan skenario terburuk. Rencana kontingensi bisnis membantu bisnis menghadapi keadaan darurat yang tiba-tiba, kejadian tak terduga, dan informasi baru yang dapat mengganggu bisnis Anda.

Tujuan dari rencana kontinjensi adalah untuk:

  • Memberikan keselamatan dan keamanan diri Anda, karyawan Anda, dan pelanggan Anda jika terjadi kebakaran, banjir, perampokan, pelanggaran data, penyakit, atau bencana lainnya
  • Pastikan bisnis Anda dapat kembali beroperasi setelah keadaan darurat secepat mungkin

Perencanaan Suksesi Bisnis

Jika bisnis Anda adalah perusahaan keluarga atau Anda memiliki rencana khusus untuk siapa Anda ingin mengambil alih jika Anda pensiun atau sakit, maka Anda harus memiliki rencana untuk menyerahkan kendali bisnis. Masalah manajemen, kepemilikan, dan pajak dapat menyebabkan banyak perselisihan dalam keluarga kecuali ada rencana suksesi yang dengan jelas menguraikan prosesnya.

Takeaways Kunci

  • Perencanaan bisnis adalah ketika pemangku kepentingan utama meninjau keadaan bisnis mereka dan merencanakan bagaimana mereka akan meningkatkan bisnis di masa depan.
  • Perencanaan bisnis bukanlah peristiwa satu kali itu harus menjadi praktik penilaian dan perencanaan diri yang berkelanjutan.
  • Perencanaan bisnis bukan hanya tentang meningkatkan penjualan; itu juga dapat mengatasi keselamatan selama bencana alam atau pengalihan kekuasaan setelah pemilik pensiun.

Kami merekomendasikan Anda untuk mengunjungi DariBerita agar mendatkan informasi lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *