Panduan Untuk Menyegarkan Tarif Dan Waktu Respons Di Monitor Game 2021

Selaraskan dengan kecepatan refresh dan waktu respons sebelum Anda membeli monitor berikutnya.

Memilih monitor yang tepat untuk PC game Anda mungkin tampak sederhana pada awalnya, tetapi tampilannya bisa menipu. Dulu masalah sederhana untuk mendapatkan resolusi yang tepat dan kabel yang tepat. Tetapi sekarang Anda harus khawatir tentang jenis panel, input kabel, apakah itu memiliki FreeSync atau G-Sync, dan banyak lagi.

Dua dari spesifikasi monitor terpenting yang harus dipahami jika Anda baru mengenal game PC adalah kecepatan refresh dan waktu respons. Kami akan membahas apa arti masing-masing istilah tersebut, spesifikasi apa yang mempengaruhinya, dan cara mendapatkan monitor yang tepat untuk rig Anda. Untuk gambaran umum tentang semua teknologi yang masuk ke monitor game, lihat panduan kami untuk memantau teknologi.

Apa itu kecepatan refresh?

Refresh rate adalah salah satu fitur tampilan, terutama sejak munculnya tampilan game dengan kecepatan refresh lebih tinggi dari 100 Hertz (Hz). Untuk itu, Anda akan melihatnya di bagian atas hampir semua halaman produk monitor.

Kecepatan refresh mengacu pada berapa kali per detik monitor Anda akan memperbarui dengan informasi baru. Tampilan desktop dasar Anda – seperti layar di kantor Anda atau yang disertakan dengan yang dibeli oleh ibu Dell sehingga Anda dapat melakukan pekerjaan rumah – akan memiliki kecepatan refresh 60Hz, yang berarti gambar dapat disegarkan 60 kali per detik. Ini terlihat bahkan saat Anda tidak sedang bermain game. Misalnya, dengan tampilan 144Hz, pergerakan kursor akan diperbarui setiap 7 milidetik. Dengan layar 60Hz, itu akan diperbarui setiap 17 milidetik atau lebih. Ini hanya satu menit, namun perbedaannya terlihat.

Tingkat penyegaran monitor telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa peringkat setinggi 360Hz, dan kecepatan refresh seperti 144Hz dan 165Hz menjadi semakin umum. Jika monitor diberi label sebagai layar “gaming”, kecepatan refresh tersebut lebih umum daripada kecepatan refresh sub-100Hz saat ini.

Saat memikirkan kecepatan refresh apa yang Anda inginkan dari tampilan Anda, koneksi termudah yang dibuat adalah dengan kecepatan bingkai game Anda, atau bingkai per detik (fps). Metrik kecepatan penyegaran itu akan memberi tahu Anda dengan tepat berapa banyak bingkai yang mampu ditampilkan layar Anda.

Jika Anda memainkan game esports seperti Counter-Strike: Global Offensive pada kartu grafis kelas atas, tetapi bermain pada layar 60Hz, Anda hanya akan melihat maksimal 60fps, meskipun kartu grafis Anda mampu menampilkan lima kali lipatnya. Semakin tinggi angkanya, semakin baik – meskipun Anda akan melihat hasil yang semakin berkurang (tetapi masih terlihat) saat Anda melewati tanda 144Hz itu.

Apa waktu respon?

Sementara itu, waktu respons mengacu pada seberapa cepat piksel tertentu dapat berubah dari hitam menjadi putih (terkadang kembali menjadi hitam) atau antara bayangan abu-abu (Abu-abu-ke-Abu-abu atau GtG). Seperti yang mungkin sudah Anda duga, berbagai cara produsen mengukur waktu respons berarti bahwa angka pada lembar spesifikasi mungkin tidak sepenuhnya dapat diandalkan.

Waktu respons pada tampilan kantor dan pekerjaan rumah tersebut biasanya sekitar 16 milidetik (md) atau kurang, tetapi bisa serendah 1 md. Untuk waktu respons, lebih rendah lebih baik.

Jika monitor Anda memiliki waktu respons yang tinggi, Anda mungkin melihat apa yang disebut komunitas PC sebagai “ghosting”. Jika Anda pernah memainkan game aksi tinggi di monitor dengan waktu respons yang buruk, Anda mungkin memperhatikan ini dalam bentuk gambar yang tercoreng, atau gambar sisa yang menunjukkan apa yang ada di layar Anda beberapa milidetik yang lalu, saat itu sudah mencoba menunjukkan citra baru itu.

Karena ada begitu banyak cara berbeda untuk mengukur waktu respons, sebaiknya ambil model monitor yang ingin Anda dapatkan dan telusuri model tersebut bersama dengan kata kunci “ghosting”. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui apakah ada orang yang sudah memiliki monitor yang mengeluh tentangnya atau jika situs ulasan terkemuka menampilkannya dalam ulasan mereka.

Sebagian besar tampilan yang berfokus pada permainan akan mengiklankan waktu respons 1-5ms.

Monitor gaming mana yang tercepat?

Salah satu cara untuk mengetahui seberapa baik atau buruk waktu respons adalah dengan melihat jenis panel tampilan yang digunakan monitor Anda. Ada tiga tipe utama yang perlu dipertimbangkan: TN, IPS, dan VA. Kami memiliki panduan mendalam tentang panel tampilan TN, IPS, dan VA , tetapi berikut sekilas tentang pentingnya hal itu untuk kecepatan refresh dan waktu respons.

  • TN, atau panel Twisted Nematic, sangat umum dan seringkali tidak terlalu menyakitkan untuk dompet Anda. Panel ini mampu melakukan kecepatan refresh yang tinggi, tetapi memiliki reproduksi warna dan sudut pandang yang lebih buruk, yang berarti Anda harus melihat langsung ke layar untuk melihatnya tanpa warna yang terlihat pudar atau tidak akurat. Jika Anda mencoba masuk ke permainan kompetitif, panel TN adalah cara termurah untuk mendapatkan monitor dengan kecepatan refresh tinggi.
  • Panel IPS, atau In-Plane Switching, meningkatkan panel TN dengan beberapa cara penting. Panel IPS menawarkan reproduksi warna dan sudut pandang yang jauh lebih baik daripada TN, membuatnya jauh lebih cocok untuk pekerjaan produksi – membuat grafik, mengedit fotografi, dan video – daripada panel TN. Sementara IPS lebih baik untuk warna yang akurat, beberapa pengguna mengeluhkan “IPS bersinar” di sekitar tepi dalam gambar gelap. Panel IPS secara historis berjuang dengan kecepatan refresh dan waktu respons, tetapi panel IPS modern telah mempersempit kesenjangan secara signifikan di kedua kategori. Panel IPS biasanya lebih mahal, tetapi jika Anda mampu membelinya, mereka adalah solusi terbaik untuk bermain game dan bekerja sama.
  • VA, atau panel Vertical Alignment, bertindak sebagai semacam kompromi antara TN dan IPS. Mereka menawarkan reproduksi warna yang lebih baik daripada TN tetapi tidak memiliki kemampuan IPS untuk menampilkan gamut warna yang lebih luas, sementara juga menawarkan waktu respons dan kecepatan refresh yang baik. Mereka menawarkan sudut pandang yang lebih baik daripada TN, tetapi kurang dari IPS, dan biasanya memiliki rasio kontras yang lebih tinggi, yang berarti Anda akan mendapatkan warna hitam yang lebih baik pada gambar yang gelap. Mereka biasanya lebih murah daripada layar serupa dengan panel IPS. 

Sinkronisasi adaptif: Kecepatan refresh variabel, G-Sync, dan FreeSync.

Saat bermain game, penting untuk menyinkronkan monitor dan kartu grafis Anda, dengan kartu mengirimkan bingkai baru ke monitor saat itu diharapkan. Monitor 60Hz mengharapkan bingkai baru setiap 7 milidetik. Jika kartu grafis Anda mengirimkan bingkai tersebut pada kecepatan yang berbeda, itu dapat menyebabkan layar robek – bagian dari dua gambar yang ditampilkan di layar pada saat yang sama – karena mencoba menangani pengaturan waktu yang aneh. Anda dapat mengatasi ini dengan mengaktifkan sinkronisasi vertikal (atau VSync), yang memaksa kartu grafis dan monitor Anda bekerja pada kecepatan yang sama. Namun, ini dapat menambah latensi dan input lag karena monitor mungkin menunggu untuk menampilkan gambar berikutnya atau karena game yang Anda mainkan telah menghubungkan frame rate ke seberapa sering ia mengumpulkan informasi dari mouse dan keyboard Anda (atau pengontrol).

Masuk ke sinkronisasi adaptif.

Alih-alih memaksa kartu grafis untuk mengirim bingkai saat monitor Anda siap untuk mereka, sinkronisasi adaptif membantu monitor Anda beradaptasi dan menerima bingkai saat kartu mengirimkannya. Ini mengurangi robekan layar, tetapi dengan dampak yang jauh lebih rendah pada latensi, membuat pengalaman bermain game menjadi lebih lancar.

Ada tiga jenis sinkronisasi adaptif yang perlu diketahui. Spesifikasi HDMI 2.1 mencakup teknologi kecepatan refresh variabel, sering disebut VRR, yang terpasang di banyak televisi baru . Ini berfungsi dengan konsol Xbox serta kartu grafis seri Nvidia RTX 3000 dan seri AMD RX 6000. PS5 saat ini tidak mendukung VRR, tetapi mungkin dalam pembaruan di masa mendatang. (Lihat panduan kami untuk monitor terbaik untuk PS5 dan Xbox Series X untuk lebih lanjut.)

Di sisi monitor game, Anda kemungkinan besar akan menggunakan koneksi DisplayPort, jadi yang ingin Anda periksa adalah kemampuan G-Sync atau FreeSync. Yang pertama adalah standar milik Nvidia, sedangkan yang kedua adalah standar terbuka AMD. Kompatibilitas antara keduanya awalnya samar, tetapi telah meningkat secara signifikan sejak saat itu. Anda akan ingin memeriksa spesifikasi untuk tampilan spesifik Anda, tetapi kemungkinan besar jika Anda memiliki monitor baru dan kartu grafis dari lima tahun terakhir, itu akan berfungsi.

Monitor terbaik untuk kecepatan refresh dan waktu respons

Monitor game terbaik untuk Anda akan bergantung pada kebutuhan dan kebiasaan bermain game Anda. Jika Anda ingin bermain game secara kompetitif, refresh rate yang sangat cepat akan membantu Anda dengan baik. Pastikan untuk memeriksa review di layar utara 165Hz; kecepatan refresh yang tinggi ini sering mengacu pada kecepatan “overdrive” atau “overclocked”, yang mendorong monitor lebih keras daripada pengaturan optimalnya. Pada beberapa tampilan, ini dapat menyebabkan peningkatan ghosting.

Namun, jika Anda terutama memainkan game pemain tunggal, Anda mungkin bisa lolos dengan layar 60Hz, meskipun menavigasi sistem operasi Anda pada layar 144Hz terasa lebih cepat dan lebih lancar daripada 60Hz. Jika resolusi menjadi perhatian Anda, kami memiliki rekomendasi untuk monitor 4K terbaik dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi, waktu respons yang rendah, dan banyak lagi.

Pada akhirnya, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih tampilan, dari resolusi dan ukuran hingga opsi input, VRR, apakah Anda menginginkan pengaturan monitor ganda, dan – tentu saja – kecepatan refresh dan waktu merespon. Efektivitas monitor Anda juga akan bergantung pada faktor-faktor seperti kekuatan pemrosesan kartu grafis Anda dan pengaturan yang Anda gunakan untuk gameplay. Anda dapat memiliki semua Hz di dunia, tetapi Anda tidak akan dapat memainkan Kontrol pada 4K dengan penelusuran sinar saat menggunakan GTX 1080.

Cara menguji kecepatan refresh Anda

Terserah Anda untuk membuat layar Anda terhubung dan dikonfigurasi, tetapi setelah Anda menjalankannya, ada cara mudah untuk memastikannya berfungsi seperti yang diharapkan bahwa hampir semua ahli grafis akan mengarahkan Anda ke: tes UFO. Alih-alih situs web teori konspirasi yang samar, ini sebenarnya adalah tes kecepatan bingkai visual sederhana. Situs ini menampilkan gambar bergulir UFO yang berjalan dengan kecepatan refresh yang berbeda. Ini akan secara otomatis mendeteksi kecepatan refresh yang dikirim PC Anda saat ini ke monitor Anda, jadi jika Anda tidak melihat nomor yang benar di sana, Anda tahu Anda harus memperbaiki sesuatu. Setelah semuanya siap, gambar yang bergulir melukiskan gambaran yang jelas tentang betapa mulusnya refresh rate yang cepat.

Pikiran akhir: Segarkan kecepatan selama waktu respons

Saat melihat monitor gaming baru, refresh rate akan menjadi angka yang paling Anda perhatikan. Sebagian besar monitor gaming saat ini memiliki waktu respons yang solid di bawah 7 atau 8 milidetik. Kecepatan refresh, sementara itu, sangat bervariasi dari 60Hz hingga 360Hz. Jika game favorit Anda adalah Assassin’s Creed dan Red Dead Redemption II, monitor 60Hz akan menyelesaikan pekerjaannya, dan yang 144Hz akan menjadi surga. Jika Anda memainkan game multipemain yang kompetitif, 144Hz adalah minimum yang harus Anda perhatikan. Dan dalam kedua kasus tersebut, teknologi sinkronisasi adaptif sangat membantu dalam membuat game lebih lancar pada tampilan yang kompatibel.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi lengkap dan terbaru tentang gadget, teknologi dan berita lainnya, Klik di https://www.1suara.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *